Othak Athik Gathuk

Istilah othak athik gathuk sering terdengar dalam percakapan orang Jawa. Ada yang mengucapkannya dengan ekspresi lega atau bangga, tapi ada pula yang mengucapkannya untuk menyindir lawan bicara.

othak athik gathuk

Contoh percakapan menggunakan othak-athik gathuk seperti dibawah ini:
  • "Untunge iso diuthak-athik gathuk, ketemu jawabane." (Untungnya bisa dicocok-cocokkan, ketemu jawabannya.)
  • "Walah ndadak ruwet, tak othak-athik gathuk wae iso kok." (Walah pakai ruwet, aku cocok-cocokkan saja bisa kok.)
  • "Jawabane ora ilmiah blas, mung soko uthak-athik gathuk." (Jawabannya sama sekali tidak ilmiah, hanya dari mencocok-cocokkan.)
Memang istilah tersebut mengandung beberapa makna, baik positif maupun negatif, bahkan kadang bertentangan. Karena itu dalam mengartikan harus melihat pada konteks kalimat yang menyertainya.

Tidak mudah putus asa. Kadang istilah tersebut dihubungkan dengan orang yang tidak mudah putus asa. Arti othak-athik gathuk menjadi seperti orang yang sedang memasang puzzle, belum menyerah jika belum menemukan bentuk yang seharusnya. Bongkar pasang terus sampai bisa diterima. Contoh kalimat yang mungkin ada dalam kehidupan sehari-hari misalnya, "Mosok to ora ono jawabane? Coba diothak-athik meneh, sopo ngerti gathuk." (Masa sih tidak ada jawabannya? Coba dicocok-cocokkan lagi, siapa tahu ketemu.)

Tidak mau ambil pusing. Sayangnya, istilah ini juga dihubungkan dengan sikap pemalas, dimana orang tersebut tidak mau melakukan lebih dari mencocok-cocokkan, bahkan untuk sekedar menambah bacaan supaya wawasan bertambah. Contoh percakapannya misal, "Wes, ora perlu repot sinau, diothak-athik gathuk wae." (Sudah, nggak usah repot belajar, dicocok-cocokkan saja,)

Akal-akalan. Istilah ini juga mengandung upaya mengakali sesuatu agar yang tidak pas menjadi pas. Yang tidak cocok menjadi cocok. Artinya bisa negatif, bisa pula positif. Misalnya dalam kalimat, "Wes, ora usah kakehan bingung, diothak-athik gathuk wae. Ora-orane yen bakal konangan." (Sudah, tidak usah kebanyakan bingung, dicocok-cocokkan saja. Nggak bakalan ketahuan.)

Masih banyak arti penggunaan istilah othak-athik gathuk. Jangan lupa untuk meletakkannya dalam konteks kalimat, baru bisa diketahui makna sebenarnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.