Dherek, Dherekaken, Ndherekake, Ndherekke dan Ndherekaken

Dherek, Dhereakaken (baca: dherek-aken), Ndherekake (baca: ndherek-ake), Ndherekke dan ndherekaken (baca: ndherek-aken) adalah kata yang akan sering teman-teman dengarkan jika berbahasa Jawa krama.

dherek


Ndhereaken berasal dari kata dherek, yang menurut kamus Jawa Indonesia Sutrisno Sastro Utomo artinya ikut atau turut. Arti sesungguhnya tergantung konteks kalimat yang mengikutinya. Dalam pergaulan, ndherekaken bisa pula berarti "tidak sudi".
Dalam percakapan sehari-hari, meski arti dherek adalah ikut, bukan berarti orang  tersebut benar-benar ikut.

Dherek diartikan menjadi berbagai hal menurut konteks kalimat dan kejadiannya.


Arti Aslinya
Kalimat berikut ini artinya sesuai dengan arti aslinya. "Monggo kula dherekaken". (Mari saya antar.)
Begitu pula dengan kalimat ini, "Kula ndherek." (Saya ikut.)

Untuk Kesopanan
Orang yang mengatakan "monggo ndherekaken" tidak berarti benar-benar ikut dengan orang yang diajaknya bicara. Kata tersebut digunakan hanya untuk kesopanan, juga seperti harapan agar selamat di jalan.
Kalimat lain yang lebih lengkap adalah, "Kula ndhereaken sugeng tindak". (Saya mengucapkan selamat jalan.)

Tidak Sudi
Dherek bisa berarti tak sudi dalam susunan kalimat tertentu. Tapi ini hanya ada dalam percakapan pergaulan. Saya rasa dalam tata bahasa-nya tidak ada. Maaf ini harus saya tanyakan dulu pada ahli. Contoh percakapannya seperti ini:
Dul: Aku arep nonton Star Wars. (Aku mau nonton Star Wars.)
Jon: Ning endi? (Dimana?)
Dul: Ning Studio O. (Di Studio O.)
Jon: Lha kae rak adoh banget soko omahmu to? (Lha itu kan jauh sekali dari rumahmu to?)
Dul: Yo memang. Mergo saka kuwi, aku ampirana. (Ya memang. Karena itu, jemputlah aku.)
Jon: Wah yo ndherekke. Kaya sopirmu wae. (Wah, ya nggak sudi. Kayak sopirmu saja.)

Bingung ya?
Yuk kita praktekkan sedikit saja tiap hari, nanti lama-lama terbiasa.
Tak perlu pusing dengan perbedaannya dulu karena bedanya cuma sedikit kan, salah tidak kelihatan.

Baca juga: http://serbajawa.blogspot.co.id/2015/11/tips-bertanya-arah-jalan-pada-orang-jawa.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.