Blangkemen

Tiba-tiba mbak Menik duduk tepekur, wajahnya seperti menerawang, lalu berkata, "Aku blangkemen je."

blangkemen


Di musim penghujan, blangkemen sering disebutkan, yaitu perasaan lapar meski barusaja makan. Inginnya selalu mengunyah. Makanya di Jawa banyak penjual jajan pasar di pagi hari dan gorengan di sore atau malam hari, salah satunya sebagai persediaan bagi yang blangkemen. Mungkin karena sekarang banyak yang mengkonsumsi buah, camilan bisa diganti dengan buah potong.

Blangkemen itu bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan, tapi mungkin perempuan lebih banyak yang mengalaminya pada masa PMS (premenstrual syndrom). 

Blangkemen tidak sama sengan ngidam. Ngidam itu hanya terjadi pada perempuan dan tidak harus merasa lapar. Biasanya ngidam hanya menuju pada satu jenis makanan tertentu.
Obat utamanya ya dicarikan makanan agar ada kegiatan mengunyah. Biasanya kalau sudah blangkemen, tidur pun susah. Namun demikian, ada obat alternatif-nya juga, yaitu menyibukkan diri. Kalau punya blog seperti serbajawa ini, lebih digunakan untuk ngeblog. Kan blangkemen itu perasaannya saja yang lapar, bukan lapar beneran. Kalau kebanyakan ngemil asal saja apa yang ada karena sudah tidak tahan, tidak baik bagi kesehatan. Lebih baik lagi jika membuat persediaan buah-buahan di kulkas sehingga aman tiap kali blangkemen.

Nah jika suatu saat si dia mengaku blangkemen, sudah tahu apa yang diperbuat ya? 

Mampir dulu belikan martabak sebelum ngapel.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.